Manfaat berpelukan untuk kesehatan yang wajib kalian ketahui

Manfaat Berpelukan Untuk Kesehatan

Manfaat berpelukan untuk kesehatan
Foto sebelum edit : lifestyle.okezone.com


Manfaat berpelukan - Saat kita menyentuh, berpelukan, atau berpegangan tangan tubuh kita melepaskan hormon “merasa baik”. Hormon-hormon ini termasuk oksitosin, dopamin, dan serotonin. Ketika hormon dilepaskan ke dalam tubuh kita, kita akan mengalami perasaan bahagia, rileks, memperbaiki suasana hati, dan juga menurunkan tingkat depresi. Tidak terlalu buruk, bukan?

Masuk akal bahwa ketika kita merasa sedih, pelukan sering kali dapat membantu meringankan perasaan kita. Ada juga penelitian yang menunjukkan bahwa berpelukan atau berpelukan selama lebih dari enam detik oksitosin dan serotonin dilepaskan pada tingkat maksimum. 

Berpelukan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh

 Anda Anda pernah mendengar ungkapan, 'Saat kita bahagia, kita sehat'. Itu benar! Saat kita bahagia, kita melepaskan kadar serotonin dan oksitosin yang optimal dan serotonin juga dikaitkan dengan peningkatan sistem kekebalan tubuh. 

Di luar ilmu hormon, jika kita berpelukan atau berpelukan dengan seseorang, itu mungkin orang yang kita sayangi. Orang-orang ini umumnya harus membuat kita bahagia. Ketika kita merasa bahagia dan diperhatikan, kita merasa aman dan bersemangat tentang masa depan, yang membantu mengurangi stres dan depresi yang dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh lemah. Luangkan waktu sejenak untuk memeluk seseorang dan memberi mereka dorongan sistem kekebalan tubuh.

Berpelukan mengurangi stres.

Mengalami hari yang berat? Mungkin merasa sedih? Anda mungkin hanya butuh pelukan. 

Apakah skenario ini yang anda alami: Anda mengalami hari yang buruk -> Anda melihat seorang teman -> teman berkata, "Anda sepertinya membutuhkan pelukan." -> Anda berkata, "ya saya lakukan." -> teman Anda memberi Anda pelukan. 

Sekarang masuk ke sains: oksitosin adalah pelepasan dan tingkat stres yang lebih rendah serta tingkat kecemasan. Hari mulai membaik. 

Terdengar akrab? Jika tidak, Anda mungkin perlu pelukan. Berpelukan menciptakan hubungan yang lebih baik.

Dalam buku, "The Five Love Languages" oleh Gary Chapman, dia mengidentifikasi sentuhan fisik memiliki salah satu dari lima cara kita mengekspresikan cinta atau ingin cinta diungkapkan kepada kita. Bagi banyak orang, ini lebih penting daripada kata-kata penegasan, tindakan pelayanan, menerima hadiah atau menghabiskan waktu berkualitas bersama.

Orang-orang yang menganggap diri mereka "pemeluk" telah mengidentifikasi bahasa cinta mereka! Sangat penting bagi mereka untuk memenuhi kebutuhan ini agar merasa dicintai dan diterima. Meskipun menerima sentuhan fisik oleh orang-orang terdekat kita sangat ideal, itu juga dapat ditingkatkan dengan hewan peliharaan yang juga bisa menjadi "pemeluk" yang hebat. 

Memeluk meningkatkan ikatan ibu dan anak

Saat ibu memiliki bayi baru, oksitosin adalah hormon yang dilepaskan ke aliran darah untuk mengeluarkan ASI. Bayi tidak hanya menginduksi pelepasan oksitosin, tetapi karena ibu menggendong bayi, dia juga menerima emosi oksitosin pengurangan stres, pengurangan kecemasan, dan perasaan bahagia. Ini sangat penting bagi ibu dan bayi. Sentuhan kulit-ke-kulit tepat setelah bayi lahir dan pada jam-jam dan hari-hari setelah melahirkan adalah cara yang bagus untuk menjalin ikatan dengan anak Anda. 

Memeluk dan berpelukan memiliki manfaat kesehatan yang penting. Bantulah diri Anda sendiri, dan peluk seseorang yang Anda cintai hari ini dan setiap hari

Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Tips Efektif Mengecilkan Perut Buncit

MANFAAT MINUM AIR PUTIH DI PAGI HARI UNTUK TUBUH

6 Manfaat Lidah Buaya